Selamat Hari Pahlawan 2018!

10 November, dikenang sebagai salah satu hari bersejarah di Indonesia. Hari dimana arek-arek Suroboyo merebut kembali kota Surabaya tercinta dari tangan penjajah. Dengan berbekal senjata keberanian dan semangat “wani” khas arek-arek Suroboyo, akhirnya kota Surabaya kembali dapat direbut dari tangan penjajah yang kala itu bersenjata lengkap.

Kini, kurang lebih 73 tahun semenjak peristiwa bersejarah yang membuat Surabaya dikenal dengan istilah Kota Pahlawan, seyogyanya membuat kita selaku generasi penerus bangsa tetap merasa bangga bisa berada di Kota Pahlawan ini. Keberanian para pahlawan terdahulu harus terpatri dalan sanubari kita, tapi ingat, bukan dalam hal negatif seperti perkelahian antar kelompok suporter hingga tawuran antar pelajar yang kerap terjadi.

Sebagai pelaku di dunia olahraga, yang bisa kita lakukan sebagai salah satu aplikasi dari sikap berani para pahlawan adalah dengan tetap bersemangat dan bekerja keras dalam usaha kita meraih hasil terbaik di bidang olahraga pendidikan, olahraga masyarakat, ataupun olahraga prestasi. Hal paling sepele yang bisa kita lakukan adalah memulai membiasakan diri untuk bersikap baik dalam segala hal, dan juga mengamalkan semangat PAGI sebagai karakter utama kita civitas akademika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Siapapun orangnya sejatinya adalah seorang pahlawan. Pahlawan bagi dirinya sendiri, maupun bagi orang terdekat disekitarnya.

Selamat hari pahlawan. Pahlawan didadaku.

 

  • (10 November 2018)